Anak Pertamaku

Senin, 02 Juni 2008

Wise Words

sesungguhnya kalian berada dalam perjalanan malam dan siang. dalam umur yang terus berkurang, dengan amal yang tersimpan, dalam kematian yang akan tiba-tiba datang. barang siapa menanam kebaikan akan memetik dengan sukacita. barang siapa menanam keburukan, akan memetik dengan dukacita. setiap penanam akan mendapatkan apa yang ditanamnya. yang lambat takkan dihalangi apa yang memang menjadi haknya. yang tamak takkan mendapati apa yang memang bukan haknya. barangsiapa memberikan kebaikan, allah akan memberinya kebaikan. barangsiapa menjauhi keburukan, maka allah akan menjaganya dari keburukan. (ibnu mas'ud radhiyallahu'anhu)

abu bakar as-shidiq ra, berkata :
kegelapan itu ada lima dan pelita dalam kegelapan itu juga ada lima. cinta dunia itu kegelapan, pelitanya adalah taqwa. dosa itu kegelapan, pelitanya adalah taubat. kubur itu kegelapan, pelitanya adalah Laa ilaaha illallah muhammad rasulullah. akhirat itu kegelapan, pelitanya adalah amal shalih. dan shirat (jembatan) itu adalah kegelapan, pelitanya adalah iman.

dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhoan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS. al-ankabut:69)

take time to think, it is the source of power
take time to read, it is the foundation of wisdom
take time to quiet, it is the opportunity to seek God
take time to dream, it is the future made of
take time to pray, it is the greatest power on earth
(rahasia membangun kecerdasan emosi dan spiritual, ESQ, Ary G.A)

Allah meluaskan rizki dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendakiNya (Ar-rad: 26)

setiap orang bekerja sesuai keadaannya masing-masing (al-isra:84)

sesungguhnya ada dosa yang tidak bisa dihapus kecuali dengan berpayah-payah mencari ma'isyah (hadist)

diantara dosa-dosa, ada dosa yang tidak bisa dihapus oleh sholat, tidak pula oleh puasa, tidak pula oleh haji, tetapi bisa dihapus dengan kelelahan mencari mata pencaharian (HR. Tabrani)

Dari Ibnu Mas'ud dari Nabi SAW bersabda : tidak ada iri hati yang diperbolehkan kecuali dua hal yaitu : seseorang yang diberi kekayaan harta oleh Allah kemudian dihabiskannya dalam menegakkan kebenaran, dan seseorang yang diberi ilmu oleh Allah kemudian diamalkan dan diajarkan kepada sesama manusia (riwayat bukhari dan muslim)

kapan seorang hamba bisa beristirahat? ketika kakinya menginjak surga (Imam Ahmad)

Tidak ada komentar: